Jum'at Kreatif

 






    Hari Jum’at merupakan hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari dalam sepekan. Dia adalah hari yang penuh barakah. Allah Ta’ala mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari ummat-ummat terdahulu. 

Terdapat berbagai hadits yang menjelaskan keutamaan dan kemuliaan hari Jum’at. Di antaranya hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (Shahih Muslim (II/585) Kitaabul Jumu’ah.)

    Hari Jum'at memiliki keutamaan yang istimewa dalam Islam, dikenal sebagai hari yang penuh berkah dan rahmat. Selain sebagai hari ibadah dan pengingat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, Jum'at juga bisa dimaknai sebagai hari untuk meningkatkan kualitas diri dan kreativitas. 

Di SMP Quran Darul Ikhlas, keutamaan ini diwujudkan melalui acara Jum'at Kreatif yang melibatkan seluruh santriwan dan santriwati. Acara ini tidak hanya menjadi momen untuk mengasah keterampilan dan bakat, tetapi juga untuk menginspirasi para santri dalam memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif dan produktif. 

Dengan demikian, Jum'at tidak hanya menjadi hari untuk memperkuat keimanan, tetapi juga hari untuk mengembangkan potensi diri dalam berbagai aspek kehidupan, sesuai dengan nilai-nilai Islam yang menekankan pentingnya ilmu dan amal.










Terimakasih atas semua saran dan masukkan dari pengunjung -_-

Posting Komentar

Terimakasih atas semua saran dan masukkan dari pengunjung -_-

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama